-->

Akhlak Terbuji dan Mulia Anugrah Allah

muslimah-id #Akhlak, Penjelasan yang menarik perihal akhlak yang terpuji (mulia)
menurut Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin Abdil Muhsin Al Abbad hafizhahullah :

Dari sahabaat ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, dia berkata :

إنَّ الله تعالى قَسَمَ بينكم أخلاقكم، كما قسم بينكم أرزاقكم

“Sesungguhnya Allah Ta’ala membagi akhlak (yang terpuji) pada kalian, seperti Allah membagi rejeki pada kalian” (H. R Bukhari dalam Adabul Mufrad).

Akhlak mulia atau yang terpuji (mulia) yaitu anugerah dari Allah, serta pembagian dari Allah, dan merupakan bentuk keutamaan yang Allah berikan untuk hamba dan umat manusia. Allah yang menganugerahi rejeki, Allah menganugrahi kesehatan dan Dia pulalah yang menganugerahi akhlak yang terpuji.

Menurut Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyyah rahimahullah berkata,

فإنَّ الأخلاق مواهب يهب الله منها ما يشاء لمن يشاء

“Sesungguhnya akhlak yang terpuji (mulia) yaitu anugerah yang Allah berikanlah pada beberapa hamba sesuai sama kehendak-Nya”.

Dalam permasalahan memperoleh rejeki, dua perkara yang perlu dan harus ada, yakni bersandarnya hati (qalb) seorang hamba pada Allah serta menyerahkan masalah semuanya pada Allah perihal rejekinya dan berupaya mencari rejeki itu dengan usaha yang diijinkan oleh syariat. Jadi demikian juga dalam permasalahan akhlak yang terpuji, seorang sebaiknya bertumpu pada Allah dalam memperoleh akhlak serta adab yang terpuji (mulia) dibarengi dengan usaha melawan serta menundukkan hawa nafsu untuk memperolehnya.

Cuma Allah-lah hanya satu Dzat yang dapat berikan panduan, Amin Allahuma Amin

Akhlak Terbuji dan Mulia Anugrah Allah, sumber dari: muslimah.or.id , banyak yang harus kita perbuat untu merubah Akhlak kita, artikel ini saya tulis ulang untuk belajar saya pribadi dan berbagi untuk kita semua pembaca budiman, mohon di share agar memperkaya konten internet dengan sesusatu yang baik, jangan lupa kunjungi www.tvmuh.com sumber informasi muslim indonesia


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel