-->

Wanita Khitan Atau Sunat Apa Manfaatnya ?

SUNAT atau khitan merupakan fitrah yang harus dikerjakan untuk seseorang Muslim, sunat dapat menghindar penyakit yang bersarang di saluran kemih, sunat yaitu memotong serta buang susunan luar pembungkus ujung penis (kulup). Dibalik kulup adalah tempat persembunyian ideal untuk yang terbawa oleh urin.

Mengenai khitan wanita, adalah memotong sedikit kulit yang ada dibagian atas faraj, yakni pada ujung clitoris. Pada wanita diberi nama juga khitan untuk mempermudah saja. Kata Mawardi, khitan wanita adalah memotong kulit yang ada samping atas faraj seperti biji atau ranggah ayam. Serta yang harus potong itu adalah kulitnya yang berlebihan, tak hingga pangkalnya. ”

Dari Ummu Athiyah Al-Anshariyah Ra., seseorang wanita pernah dikhitan di Madinah. Jadi bersabda SAW, kepadanya “Jangan terlampau dalam, lantaran yang sekian itu mahkota wanita serta sangatlah disenangi oleh suami, ” (HR. Abu Dawud)

Beberapa riset tunjukkan, sunat turunkan resiko infeksi saluran kemih (ISK), kanker penis, dan menghimpit resiko terjangkit virus HIV. Karena sesudah disunat, pembersih kotoran (smegma) gampang dikerjakan

Dari segi medis, sunat pada wanita sedikit faedahnya, Lantaran tak punya pengaruh pada resiko penularan penyakit. Menurut Dr. Nur Rasyid, sunat pada wanita tidak sama dengan pria, baik dari sisi prosedur ataupun manfaatnya. Prosedur sunat pada wanita dikerjakan dengan menggores sisi ujung klitoris. “Sunat pada wanita cuma mungkin saja dikerjakan apabila berlangsung kelainan congenital atau kelainan bawaan. Umpamanya, ada kulup yang demikian lebar yang menutupi sisi paling sensitive atau bentuk klitoris yang terlampau besar. Itu juga dilanjutkan dengan bedah rekontruksi. ”

Dengan cara medis, sunat bisa dikerjakan setiap saat sesuai sama tanda-tanda serta keadaan bayi atau anak. Kapan menyunat anak baiknya memperhitungkan segi psikologis anak. Apabila ia telah siap serta bersedia mengerjakannya dengan cara suka-rela. Janganlah mengerjakannya dengan paksaan. Terkecuali menyusahkan pakar kesehatan yang bakal menyunat (lantaran anak menangis serta meronta-ronta), dapat juga bikin anak alami trauma psikologis (muslimah.webid)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel